UTARI, WIDYA (2019) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA TEMA 1 HIDUP RUKUN KELAS II SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1151111069_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1151111069_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
3. NIM. 1151111069_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 1151111069_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5. NIM. 1151111069_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 1151111069_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 1151111069_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
8. NIM. 1151111069_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. NIM. 1151111069_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
10. NIM. 1151111069_BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
14. NIM. 1151111069_BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
15. NIM. 1151111069_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa di dalam kelas. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang belum tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa. Proses pembelajaran yang
dilakukan oleh guru masih konvensional, sehingga menimbulkan kejenuhan pada siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung, Oleh karena itu, penelitian ini
dilakukan dengan tujuan mengetahui peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada kelas II SD Negeri 104204 Sambirejo Timur.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas II SD Negeri 104204 Sambirejo Timur yang berjumlah 29 orang siswa. Objek dari penelitian ini adalah minat belajar siswa
kelas II. Adapun alat pengumpul datanya adalah angket dan lembar observasi.
Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti membagikan angket untuk mengetahui kondisi awal minat belajar siswa. Hasil analisis data dari 29 siswa diperoleh melalui angket pra siklus, siswa yang berminat berjumlah 9 siswa (31,03%) dan yang tidak berminat berjumlah 20 siswa (68,96%) dengan nilai ratarata 54,89. Kemudian peneliti menindak lanjuti ke siklus I secara signifikan mengalami peningkatan dimana siswa yang berminat berjumlah 16 siswa
(55,17%) dan yang tidak berminat berjumlah 13 siswa (44,82%) dengan nilai ratarata 64,17%. Dan selanjutnya ditindak lanjuti lagi ke siklus II dengan hasil yang
baik dimana siswa yang berminat berjumlah 26 siswa (89,65%) dan yang tidak berminat berjumlah 3 siswa (10,34%) dengan nilai rata-rata 75,31.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Word Sqaure dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas II SD pada tema 1 Hidup Rukun di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 256 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN MINAT BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 16:26 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36603 |