PRATIWI, MEISYA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI MTS NEGERI 2 DELI SERDANG TA 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151111054 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 4151111054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
3. NIM. 4151111054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM. 4151111054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 4151111054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
6. NIM. 4151111054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM. 4151111054 TABLES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
8. NIM. 4151111054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. NIM. 4151111054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
13. NIM. 4151111054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
14. NIM. 4151111054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di MTs Negeri 2 Deli Serdang TA. 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (claroom action research). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 berjumlah 33 siswa dan obek penelitian adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi relasi dan fungsi. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi tindakan guru.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan diberikan observasi tindakan guru dan diakhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari siklus I diperoleh 24 orang siswa atau 72,73% dari jumlah siswa telah tuntas belajar (peningkatan belajar klasikal), rata-rata nilai siswa dalam memahami masalah berada dalam kategori sangat tinggi , rata-rata nilai siswa dalam merencanakan pemecahan masalah berada dalam kategori sangat rendah dan belum memenuhi target penelitian, rata-rata nilai siswa dalam melaksanakan pemecahan masalah berada dalam kategori sangat tinggi, rata-rata nilai siswa dalam memeriksa kembali dan menyimpulkan berada dalam kategori rendah dan kemampuan guru dalam mengajar berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan, pada siklus II diperoleh 29 orang siswa atau 87,88% dari jumlah siswa telah tuntas belajar (peningkatan belajar klasikal), rata-rata nilai siswa dalam memahami masalah berada dalam kategori sangat tinggi, rata-rata nilai siswa dalam merencanakan pemecahan masalah berada dalam kategori tinggi, rata-rata nilai siswa dalam melaksanakan pemecahan masalah berada dalam kategori tinggi, rata-rata nilai siswa dalam memeriksa kembali berada dalam kategori tinggi dan kemampuan guru dalam mengajar berada dalam kategori sangat baik.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di MTs Negeri 2 TA. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 177 |
Keywords: | Quantum Teaching;Pemecahan Masalah;Relasi dan Fungsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36592 |