SIAGIAN, IRMA LENTAMA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION (PENGAJARAN LANGSUNG) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP TUNAS KARYA BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2151111027 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM 2151111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM 2151111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. NIM 2151111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. NIM 2151111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM 2151111027 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM 2151111027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
8. NIM 2151111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
12. NIM 2151111027 CHATPER V.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
13. NIM 2151111027 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Expilicit Instruciton Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tunas Karya Batang Kuis sebanyak 140 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak, sehingga diperoleh sampel penelitian adalan kelas VII Unggulan A sebanyak 33 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Desing. Instrumen yang digunakan adalah tes Esai. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 64,39, standar deviasi 10,13, dan standar error sebesar 1,79 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 76,51, standar devisi 8,79, dan standard error sebesar 1,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata dalam menulis teks Deskripsi setelah menggunakan model pembelajaran Expilicit Instruciton lebih tinggi dari pada nilai sebelum menggunakan model pembelajaran Expilicit
Instruciton. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dikonsultasikan
dengan tabel t taraf siginifikan 5% dengan df = N-1 = 33-1 = 32 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,69. Karena diperoleh lebih besar dari yaitu 5,58 > 1,69, maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homongen. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa
Model Pembelajaran Expilicit Instruciton berpengaruh positif Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 176 |
Keywords: | PENGARUH, MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION, MENULIS TEKS DESKRIPSI |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36589 |