HUTAJULU, KIKI ANDREA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP METHODIST 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4151111041 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 4151111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM. 4151111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. NIM. 4151111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM. 4151111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM. 4151111041 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM. 4151111041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM. 4151111041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
9. NIM. 4151111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (794kB) | Preview
13. NIM. 4151111041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM. 4151111041 BIBLIGEOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan proses jawaban siswa pada setiap aspek komunikasi matematis. Jenis penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Methodist 1 Medan yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan berbantuan Macromedia Flash pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Instrument yang dilakukan adalah observasi dan tes.Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis meningkat dari 66,40 dengan persentase 47% pada siklus I menjadi 78,90 dengan persentase 87,5% pada siklus II. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada setiap aspek, yakni Pada aspek ekspresi matematis nilai rata-rata 68,75 pada siklus I meningkat menjadi 82,81 pada siklus II. Pada aspek menggambar nilai rata-rata 66,4 pada siklus I meningkat menjadi 79,68 pada siklus II. Pada aspek menulis/menjelaskan nilai rata-rata 65,23 pada siklus I meningkat menjadi 76,56 pada siklus II.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan berbantuan Macromedia Flash pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dikelas VIII-B SMP Methodist 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 179 |
Keywords: | KOMUNIKASI MATEMATIS; THINK PAIR SHARE; MACROMEDIA FLASH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:56 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36588 |