PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP METHODIST 1 MEDAN

HUTAJULU, KIKI ANDREA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP METHODIST 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 4151111041 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151111041 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151111041 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151111041 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151111041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151111041 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151111041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151111041 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4151111041 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4151111041 TABLES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4151111041 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4151111041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4151111041 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4151111041 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151111041 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151111041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151111041 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151111041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151111041 BIBLIGEOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151111041 BIBLIGEOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan proses jawaban siswa pada setiap aspek komunikasi matematis. Jenis penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Methodist 1 Medan yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan berbantuan Macromedia Flash pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Instrument yang dilakukan adalah observasi dan tes.Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis meningkat dari 66,40 dengan persentase 47% pada siklus I menjadi 78,90 dengan persentase 87,5% pada siklus II. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada setiap aspek, yakni Pada aspek ekspresi matematis nilai rata-rata 68,75 pada siklus I meningkat menjadi 82,81 pada siklus II. Pada aspek menggambar nilai rata-rata 66,4 pada siklus I meningkat menjadi 79,68 pada siklus II. Pada aspek menulis/menjelaskan nilai rata-rata 65,23 pada siklus I meningkat menjadi 76,56 pada siklus II.
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan berbantuan Macromedia Flash pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dikelas VIII-B SMP Methodist 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 MAT 179
Keywords: KOMUNIKASI MATEMATIS; THINK PAIR SHARE; MACROMEDIA FLASH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Nov 2019 10:56
Last Modified: 12 Dec 2019 08:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36588

Actions (login required)

View Item
View Item