ERMAWATI (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI LETAK DAN LUAS INDONESIA DI KELAS VII SEMESTER GANJIL DI SMP DHARMA PANCASILA MEDAN KECAMATAN MEDAN SELAYANG T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3152131008 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 3152131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
3. NIM. 3152131008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4. NIM. 3152131008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM. 3152131008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. NIM. 3152131008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. NIM. 3152131008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. NIM. 3152131008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
9. NIM. 3152131008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
14. NIM. 3152131008 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
15. NIM. 3152131008 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui gambaran implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada materi letak dan luas Indonesia di kelas VII semester ganjil di SMP Dharma Pancasila Medan Kecamatan Medan Selayang T.A 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Dharma Pancasila Medan Kecamatan Medan Selayang tahun 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Dharma Pancasila Medan yang mengikuti pelajaran materi letak dan luas Indonesia dan sekaligus ditetapkan sebagai sampel penelitian dengan jumlah 73 siswa dan guru mata pelajaran IPS sebagai sumber dokumen berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan kuesioner berupa angket yang diberikan kepada siswa kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.
Nilai-nilai pendidikan karakter yang teintergasi dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru yaitu (1) religius, (2) jujur, (3) disiplin, (4) kerja keras, (5) kreatif, (6) mandiri, (7) rasa ingintahu, (8) menghargai prestasi, (9) komunikatif, dan (10) peduli lingkungan. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terimplementasi dalam kegiatan pembelajaran (pendahuluan, inti, dan penutup) sebesar 66% dengan kategori baik. Nilai-nilai pendidikan karakter yang tertanam pada siswa dengan rata-rata skor 2,69 tergolong dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 GEO 083 |
Keywords: | Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character H Social Sciences > HF Commerce > HF1021 Commercial geography. Economic geography L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 10:55 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36574 |