SINAGA, EFRIENTI YUSTINA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 107399 BANDAR KHALIPAH KEC. PERCUT SEI TUAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1153311017_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1153311017_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
3. NIM. 1153311017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
4. NIM. 1153311017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
5. NIM. 1153311017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. NIM. 115331017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
7. NIM. 1153311017_DAFTAR GAMBAR DAN GRAFIK.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
8. NIM. 1153311017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
9. NIM. 1153311017_BAB I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
13. NIM. 1153311017_BAB V.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
14. NIM. 115331017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah pengruh model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia di kelas V SD negeri 107399 Bandar Khalipah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Tema 1 organ gerak hewan dan manusia di kelas V SD Negeri 107399 Bandar Khalipah. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperimental dengan jenis one group pretest-posttest design. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 107399 Bandar Khalipah Kec. Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-B berjumlah 30 siswa, 11 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Sampel dalam penelitian ini dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes objektif dan observasi. Tes objektif digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan berpikir kritis siswa dan observasi digunakan untuk mengukur aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran VAK. Berdasarkan hasil observasi siswa terdapat 3 siswa dengan kategori cukup dengan persentasi 10%, 20 siswa dengan kategori baik dengan persentase 6,67% , dan 7 siswa dengan kategori sangat baik dengan persentase 23,33 %. Hasil observasi siswa dilakukan oleh duaorang observer. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-paired sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Nilai rata-rata pretest 51,00 dan posttest 71,00. Berdasarkan hasil uji normalitas hasil pretest L_O < L_tabel dimana 0,100 < 0,161 dengan keterangan normal sedangkan pada Hasil Posttest L_O < L_tabel dimana 0,100 < 0,161 dengan keterangan normal. Maka uju normalitas dari hasil pretest dan posttest dengan keterangan Normal. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05 didapatkan bahwa t_(hitung )> t_tabel maka dapat disimpulkan bahwa nilai t_(hitung )= 57,64 dan nilai t_(tabel )pada taraf signifikansi 5% adalah 1,69. Dari hasil analisis uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena ada pengaruh positif dan signifikan signifikan antara model pembelajaran VAK terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 107399 Bandar Khalipah Kec. Percut Sei Tuan T.A. 2019/2020. Untuk itu disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 230 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN VAK, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:33 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36557 |