UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA TEMA 1 MELALUI MODEL COMPLETE SENTENCE MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS IV SD N 105292 BANDAR KLIPPA TAHUN AJARAN 2019/2020

NABABAN, SUWITNO DEDI (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA TEMA 1 MELALUI MODEL COMPLETE SENTENCE MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS IV SD N 105292 BANDAR KLIPPA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1153111056_COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1153111056_COVER_docx.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1153111056_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1153111056_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1153111056_ABSTRAK_docx.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1153111056_ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.1153111056_KATA PENGANTAR_doc.pdf]
Preview
Text
4. NIM.1153111056_KATA PENGANTAR_doc.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.1153111056_DAFTAR ISI_docx.pdf]
Preview
Text
5. NIM.1153111056_DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.1153111056_DAFTAR TABEL_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM.1153111056_DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.1153111056_DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf]
Preview
Text
8. NIM.1153111056_DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.1153111056_BAB I_docx.pdf]
Preview
Text
9. NIM.1153111056_BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM.1153111056_BAB V_docx.pdf]
Preview
Text
13.NIM.1153111056_BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM.1153111056_DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf]
Preview
Text
14.NIM.1153111056_DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kegiatan menulis
peserta didik pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas IV B.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan
melengkapi kalimat menggunakan media gambar seri peserta didik dengan model
pembelajaran complete sentence pada tema 1 “Indahnya Kebersamaan” di kelas
IV SD Negeri 105292 Bandar Klippa Tahun Ajaran 2018/2019 dan mengetahui
aktivitas peserta didik dan guru selama pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran complete sentence. Jenis penelitian ini adalah penelitan tindakan
kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105292 Bandar Klippa pada
semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020, subjek penelitian ini berjumlah 26
orang, terdiri dari 14 perempuan dan 12 laki – laki. Objek dalam penelitian ini
adalah meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan model complete sentence
menggunakan media gambar seri kelas IV SD N 105292 Bandar Klippa.
Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.
Instrumen observasi untuk melihat aktivitas peserta didik dan guru selama
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran complete sentece.
Instrumen tes berbentuk esai untuk melihat kemampuan menulis siswa dengan
melengkapi kalimat menggunakan media gambar seri.
Berdasarkan data hasil tes kemampuan menulis dengan melengkapi
kalimat menggunakan media gambar seri peserta didik pada siklus I dimana nilai
tes kemampuan menulis peserta didik pada siklus I 59.04, dengan perincian
terdapat 9 peserta didik dinyatakan masuk dalam klasifikasi tuntas dengan
persentase 34.61%, dan 17 peserta didik dinyatakan masuk dalam klasifikasi
belum tuntas dengan persentase 65.38%. Nilai tes kemampuan menulis pada
siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 77.5, dengan perincian 22
peserta didik dinyatakan masuk dalam klasifikasi tuntas dengan persentase
84.61%, dan 4 peserta didik dinyatakan masuk dalam klasifikasi belum tuntas
dengan persentase 15.38%, dengan rata – rata kelas adalah 84.61% masuk dalam
klasifikasi tuntas. Hasil observasi aktifitas belajar peserta didik dengan model
pembelajaran complete sentence adalah sebagai berikut pada siklus I pertemuan I
dengan rata –rata 50.10 dan rata-rata kelas 3.84%, siklus I pertemuan II dengan
rata-rata 59.23 dan rata-rata kelas 23.07%. Pada siklus II mengalami peningkatan
yaitu pertemuan I dengan rata-rata 70.87 dan rata-rata kelas 65.38%, siklus II
pertemuan II dengan rata-rata 78.18 dan rata-rata kelas 76.92%.
Berdasarkan data yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran complete sentence dapat meningkatkan kemampuan menulis
peserta didik dengan melengkapi kalimat menggunakan media gambar seri pada
tema 1 “Indahnya Kebersamaan” kelas IV SD N 105292 Bandar Klippa Tahun
Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 PGSD 233
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:24
Last Modified: 28 Nov 2019 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36541

Actions (login required)

View Item
View Item