SYAHFITRI, EVI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BOGA DASAR PADA SISWA SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132142002 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 5132142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. NIM. 5132142002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 5132142002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 5132142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
6. NIM. 5132142002 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 5132142002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 5132142002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
12. NIM. 5132142002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
13. NIM. 5132142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry pada pelajaran Boga Dasar; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori pada pelajaran Boga Dasar; (3) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Boga Dasar. Teknik pengambilan sampel secara Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran Boga Dasar termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 56,3 persen. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Boga Dasar termasuk kategori cenderung cukup sebesar 50,0 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal. pada kelas yang menggunakan model pembelajaran inquiry dengan nilai X2hitung < X2tabel = (5,64 < 11,07). dan kelas yang menggunakan model pembelajaran ekspositori X2hitung < X2tabel = (4,95 < 11,07). Untuk hasil uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung = 1,04 dan Ftabel = 1,85. Maka dapat disimpulkan Fhitung < Ftabel = (1,04 < 1,85) yang berarti data hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Inquiry dan data hasil belajar yang. menggunakan model pembelajaran ekspositori adalah homogen. Berdasarkan hasil uji t terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model. pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar Boga Dasar thitung > ttabel (2,767 > 1,670) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya model pembelajaran Inquiry. berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Boga dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BOGA 042 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar Boga Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:23 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36536 |