HARAHAP, SANTIKA DEWI (2019) EFEKTIVITAS MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X SMAN 1 KAMPUNG RAKYAT TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2151111052 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 2151111052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
3. NIM. 2151111052 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 2151111052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 2151111052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. NIM. 2151111052 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 2151111052 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2151111052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 2151111052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM. 2151111052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 2151111052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Direct Instruction Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Oleh Siwa Kelas X SMAN 1 Kampung Rakyat Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yaitu menggunakan model pembelajaran direct instruction kemudian mengetahui efektivitasnya dari hasil belajar siswa.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kampung Rakyat yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 130 siswa. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyal 60 siswa, yaitu kelas X IIA-2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas X IIS-1 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain post-test only control group design. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes dalam bentuk penugasan, yaitu menulis sebuah puisi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa model direct instruction lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi oleh siswa kelas X SMAN 1 Kampung Rakyat. Dalam hal ini diperoleh nilai dengan rata-rata di kelas eksperimen (menggunakan model direct instruction) = 79,33, standar deviasi = 7,15, sedangkan rata-rata dikelas kontrol (menggunakan model konvensional) = 69,67, standar deviasi 6,82. Berdasarkan uji normalitas, hasil kelas eksperimen berdistribusi normal, yaitu Lhitung < Ltabel, (0,104 < 0,161), dan untuk kelas kontrol juga berdistribusi normal, yaitu Lhitung < Ltabel, (0,118 < 0,161). Kemudian dari uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dengan Fhitung < Ftabel, yakni 1,10 < 1,84. Selanjutnya, dilihat dari perhitungan uji hipotesis bahwa hipotesis penelitian ini diterima dengan to > ttabel yaitu 5,30 > 2,00, maka membuktikan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) dierima. Hal ini membuktikan model direct instruction lebih efektif digunakan dibandingkan model konvensional dalam pembelajaran menulis puisi oleh siswa kelas X SMAN 1 Kampung Rakyat Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 159 |
Keywords: | MODEL DIRECT INSTRUCTION, MENULIS PUISI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:23 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36534 |