Tanjung, Nuraini (2019) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK REALITAS TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1151151024_COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 1151151024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM. 1151151024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1151151024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM. 1151151024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1151151024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 1151151024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1151151024_BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
12. NIM. 1151151024_BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
13. NIM. 1151151024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik realitas terhadap kesulitan belajar siswa kelas VII-8 di SMP Negeri 27 Medan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Realitas Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII-8 SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VII-8 yang tingkat kesulitan belajarnya rendah. Instrumen yang digunakan adalah skala kesulitan belajar. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik realitas terhadap kesulitan belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 62,125 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 107,8. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 30 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=8, α= 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 30 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik realitas terhadap kesulitan belajar siswa kelas VII-8 SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BK 060 |
Keywords: | Konseling Kelompok Teknik Realitas, Kesulitan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:23 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36533 |