Sari, Sumartika (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI I SMK PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7151142038 COVER.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
2. NIM 7151142038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
3. NIM 7151142038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM 7151142038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 7151142038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. NIM 7151142038 TABLE.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM 7151142038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM 7151142038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM 7151142038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM 7151142038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
14. NIM 7151142038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntansi I SMK Prayatna 1 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntansi I di SMK Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 melalui penerapan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI).
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi I yang berjumlah 31 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahaoan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket minat belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Dari hasil pemberian angket minat belajar diperoleh hasil minat belajar siswa pada siklus I terdapat siswa yang memiliki minat belajar tinggi sebanyak 9 siswa (29%), minat sedang sebanyak 13 siswa (42%), minat rendah sebanyak 9 siswa (29%), dan tidak ada siswa yang tidak berminat (0%). Pada siklus II minat belajar siswa mengalami peningkatan yaitu sebanyak 27 siswa (87%) yang memiliki minat tinggi, minat sedang sebanyak 4 siswa (13%), serta 0 siswa (0%) untuk siswa yang memiliki minat rendah dan tidak berminat, pada siklus II siswa telah mencapai indikator yang telah ditetapkan > 80% siswa dalam kelas mencapai minat tinggi. Dari analisis data diperoleh data test hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre test 53 dengan siswa yang tuntas 11 siswa (35%) dan post test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 73 dengan siswa yang tuntas 22 siswa (71%) dan meningkat dihasil post test siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 75 dengan siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa (81%) dan telah mencapai ketuntasan klasikal > 80% dari keseluruhan siswa mencapai KKM.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi harga perolehan aktiva tetap dan metode penyusutan aktiva tetap di kelas XII Akuntansi I SMK Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 158 |
Keywords: | Minat; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:23 |
Last Modified: | 17 Apr 2020 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36505 |