BR GURUSINGA, FLORENTINA (2019) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7153141017 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
2. NIM. 7153141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM. 7153141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 7153141017 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM. 7153141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. NIM. 7153141017 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 7153141017 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM. 7153141017 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM. 7153141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. NIM. 7153141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
14. NIM. 7153141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta RK Deli Murni Bandar Baru Tahun Pelajaran 2018/2019 pada bulan Mei 2019. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Jumlah populasi 137 orang dan sampel dalam penelitian 102 orang dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Uji asumsi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi.
Dari hasil penelitian diperoleh uji hipotesis secara parsial variabel disiplin belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel yaitu (6,998 > 1,984) dengan nilai signifikansi α sebesar (0,000 < 0,05). Variabel lingkungan keluarga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh thitung > ttabel¬¬ yaitu (2,705 > 1,984) dengan nilai signifikansi α sebesar (0,008< 0,05). Kemudian variabel motivasi belajar (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel¬¬ yaitu (2,139 > 1,984) dengan nilai signifikansi α sebesar (0,035< 0,05). Secara simultan menyatakan ada pengaruh positif dan signifikan disiplin belajar, lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai Ftabel sebesar 2,70. Dengan demikian, Fhitung > Ftabel (22,953 > 2,70) dan taraf signifikan 95% (α=0,05) yaitu (0,000 < 0,05). Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,413 atau 41,3%. Hal ini berarti bahwa variabel disiplin belajar (X1), lingkungan keluarga (X2) dan motivasi belajar (X3) mempunyai kontribusi sebesar 41,3% terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) dan sisanya 58,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 096 |
Keywords: | Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36500 |