Simanihuruk, Lidia (2012) PENGARUH QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD SW. BETANIA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
809182028 Judul.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
809182028 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
809182028 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
809182028 Abstrak.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
809182028 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
809182028 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
809182028 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
809182028 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
809182028 Bab I.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
809182028 Bab V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
809182028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar dengan menggunakan Quantum Teaching dibandingkan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan retensi siswa yang diajar dengan menggunakan quantum teaching dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembel~aran konvensional di SD Sw. Betania Medan.Penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan model Group Pretest – posttest. Data dianalisis menggunakan uji lndependen Sample t test dengan taraf signiflkan (a) = 0,05. Sampel penelitian ini merupakan siswa kelas IV di SD. Sw. Betania Medan. Penarikan sampel dilakukan secara purposif. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan Quantum Teaching dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang terdiri atas tes hasil belajar dan tes retensi yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan sudah valid dan reliabel.Hasil penelitian diperoleh di SD Sw. Betania Medan pada materi pelajaran energi adalah: (1) hasil belajar IP A siswa yang diajar dengan menggunakan quantum teaching lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) retensi siswa yang diajar dengan menggunakan quantum teaching lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sim p |
Keywords: | Belajar; Quantum teaching; Pembelajaran konvensional; Ilmu pengetahuan alam; Guru; Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Mar 2017 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3649 |