WANDARI, VIVI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA NURUL AMALIYAH TANJUNG MORAWA TP.2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7152142019 COVER.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
2. NIM. 7152142019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
3. NIM 7151142038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. NIM 7151142038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM 7151142038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM 7151142038 TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 7151142038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
8. NIM 7151142038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 7151142038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
13. NIM 7151142038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 7151142038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Probing Prompting dengan Metode Brainstorming. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa yang beralamat di Jl. Sei Merah, Desa Dagang Kerawan Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan subjek siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 22 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.
Dari hasil analisis diperoleh hasil pada siklus I jumlah hasil aktivitas belajar siswa yang mendapat skor ≥ 23 belum mencapai 80% dan jumlah hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥75 belum mencapai 80% dengan rata-rata nilai 77,72 sehingga dilanjutkan ke siklus II. Di siklus II diperoleh hasil aktivitas belajar siswa yang mendapat skor ≥ 23 sudah mencapai 80% dan jumlah hasil belajar siswa yang memperoleh nilai ≥75 sudah mencapai 80% dengan rata-rata nilai 91,18 sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Probing Prompting dengan metode Brainstorming dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 161 |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Probing Prompting dengan Metode Brainstorming |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:22 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36484 |