Tampubolon, Hotdina (2012) PENERAPAN METODE APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA-C KARYA TULUS TUNTUNGAN. Masters thesis, UNIMED.
8106122011 Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
8106122011 Abstrak.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
8106122011 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (681kB) | Preview
8106122011 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8106122011 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8106122011 Bab V.pdf - Published Version
Download (985kB) | Preview
8106122011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (980kB) | Preview
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa autis dalam proses pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan berbahasa siswa autis melalui penerapan metode Applied Behavior Analysis dengan media visual. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model PTK Hopkins (1993) dengan empat langkah, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SLB-C Karya Tulus Tuntungan dengan subjek penelitian siswa-siswa autis yang berjumlah 6 (enam) orang. Data tentang peningkatan aktivitas belajar siswa dan keterampilan berbahasa dikumpulkan dengan observasi dan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan menunjukkan; (1) pada siklus pertama aktivitas belajar siswa baik (77,47%) dan pada siklus kedua aktivitas belajar siswa sangat baik (84%), (2) pada siklus pertama nilai rata-rata hasil belajar siswa 66 dan pada siklus kedua 81,5. Hasil pengujian hipotesis tindakan membuktikan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa autis dengan penerapan metode Applied Behavior Analysis dari siklus pertama ke siklus kedua. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis data yang diperoleh dengan peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 6,53%, dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 15,5%. Disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Applied Behavior Analysis dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa autis. Dengan demikian guru yang mengajar pada siswa autis disarankan untuk menerapkan metode Applied Behavior Analysis ini guna memperoleh hasil pembelajaran yang terbaik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Tam p |
Keywords: | Aktivitas belajar; Keterampilan berbahasa; Operant conditioning; Applied behavior analysis; Media pembelajaran; Autisme |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) > S602 Methods and systems of culture. Cropping systems |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3645 |