PANGGABEAN, YANTI (2018) PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7152141020 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 7152141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM 7152141020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4. NIM 7152141020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 7152141020 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 7152141020 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7152141020 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 715152141020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
13. NIM 7152141020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 7152141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi Analysis (Analisis), Design (Desain/Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini meliputi 2 dosen ahli media, 1 dosen dan 1 guru mata pelajaran ahli materi, dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Objek penelitian ini berupa e-module pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan e-module meliputi lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, lembar penilaian kelayakan oleh ahli media, dan angket respon siswa terhadap penggunaan e-module.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-module berbasis problem based learning mata pelajaran ekonomi yang valid, efektif dan praktis untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019.
Hasil penelitian menunjukkan (1) e-module pembelajaran yang dikembangkan menjadi E-Module Konsep Manajemen Bebasis Problem Based Learning untuk siswa kelas X, (2) e-module yang dikembangkan dinyatakan layak dengan perolehan rata-rata skor oleh ahli materi sebesar 3,56, ahli media sebesar 3,19, dan oleh respon siswa sebesar 3, 52 sehingga kelayakan e-module yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, (3) hasil evaluasi belajar siswa diperoleh persentase 85,71% pada kategori kriteria keberhasilan tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 100 |
Keywords: | Pengembangan;E-Module;Problem Based Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 17 Apr 2020 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36435 |