PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019

PANGGABEAN, YANTI (2018) PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7152141020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7152141020 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7152141020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7152141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7152141020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7152141020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7152141020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7152141020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7152141020 TABLE OF CONTENS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7152141020 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7152141020 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7152141020 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7152141020 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7152141020 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 715152141020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 715152141020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7152141020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7152141020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7152141020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7152141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi Analysis (Analisis), Design (Desain/Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini meliputi 2 dosen ahli media, 1 dosen dan 1 guru mata pelajaran ahli materi, dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Objek penelitian ini berupa e-module pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan e-module meliputi lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, lembar penilaian kelayakan oleh ahli media, dan angket respon siswa terhadap penggunaan e-module.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-module berbasis problem based learning mata pelajaran ekonomi yang valid, efektif dan praktis untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019.
Hasil penelitian menunjukkan (1) e-module pembelajaran yang dikembangkan menjadi E-Module Konsep Manajemen Bebasis Problem Based Learning untuk siswa kelas X, (2) e-module yang dikembangkan dinyatakan layak dengan perolehan rata-rata skor oleh ahli materi sebesar 3,56, ahli media sebesar 3,19, dan oleh respon siswa sebesar 3, 52 sehingga kelayakan e-module yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, (3) hasil evaluasi belajar siswa diperoleh persentase 85,71% pada kategori kriteria keberhasilan tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 EKO 100
Keywords: Pengembangan;E-Module;Problem Based Learning
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:20
Last Modified: 17 Apr 2020 04:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36435

Actions (login required)

View Item
View Item