SIHOMBING, INKA EKLESIA (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7151141021 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 7151141021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
3. NIM. 7151141021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4. NIM. 7151141021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 7151141021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 7151141021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7151141021 TABLES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. NIM. 7151141021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7151141021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
13. NIM. 7151141021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7151141021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang di muat dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri Medan T.P 2019/2020. Karya penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS Terpadu.
Penelitian ini di laksanakan yaitu di SMP Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Waktu penelitian yaitu pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-nya ada 3 kelas yaitu VIII-1, VIII-2, VIII-3 IPS Terpadu di SMP Negeri 11 Medan berjumlah 108 orang siswa dan sampel sebanyak 84 orang siswa yang di ambil dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumulan data menggunakan observasi, angket (Kuesioner), dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian di peroleh persamaan regresi linear berganda Y = 9,327+ 0.535X1+ 0.262X2. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial di peroleh hasil persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan prestasi belajar IPS Terpadu (Y) yang di tunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (7.527>1.663). Disiplin Belajar (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS Terpadu (Y) di tunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (3,469>1.663) dengan taraf signifikan 0,000<00,5. Uji hipotesis secara simultan di peroleh hasil persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru (X1) dan disiplin belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS Terpadu (Y) yang di tunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (123,143 > 3.11) dengan taraf signifikan 0,000<0,05. Berdasarkan uji koefisien determinasi di peroleh nilai R2 sebesar 0.753
Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan disiplin belajar siswa secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMP Negeri Medan T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 101 |
Keywords: | Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru;Disiplin belajar,Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36427 |