BOFY, YIYI SEFTYA (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN MEMBUAT SINOPSIS BUKU FIKSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2153311043 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 2153311043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
3. NIM. 2153311043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 2153311043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 2153311043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
6. NIM. 2153311043 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 2153311043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 2153311043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
12. NIM. 2153311043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM. 2153311043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk lebih aktif serta guru yang harus selalu kreatif dalam merancang media pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan sesuai yang direncanakan. Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa SMP Negeri 7 Medan masih menggunakan metode ceramah, sehingga perlu diterapkan metode pembelajaran aktif yang dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran. Salahsatu metode pembelajaran aktif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran membuat sinopsis buku fiksi adalah metode card sort. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode card sort dalam pembelajaran membuat sinopsis buku fiksi pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 279 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-2 yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII-7 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah post test design only. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil belajar siswa dalam membuat sinopsis buku fiksi pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 64,53, sedangkan hasil belajar siswa dalam membuat sinopsis buku fiksi pada kelas eksperimen adalah sebesar 81,56. Dari uji data yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Dari data pada kelas kontrol diperoleh Lhitung< Ltabel (0,1364 < 0,1565), dan pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel (0,0987< 0,1565).Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu Fhitung < Ftabel (1,08 < 2,281). Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperoleh t0 sebesar 6,87. Selanjutnya t0 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df=31, maka diperoleh 2,042. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,87 > 2,042, maka Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa metode card sort efektif digunakan dalam pembelajaran membuat sinopsis buku fiksi pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 166 |
Keywords: | Metode Card Sort; Sinopsis Buku Fiksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:20 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36426 |