BR BUKIT, MELISA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X AP SMK SWASTA PAB 12 SAENTIS MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7151144023 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
02. NIM. 7151144023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
03. NIM. 7151144023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
04. NIM. 7151144023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
05. NIM. 7151144023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
06. NIM. 7151144023 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM. 7151144023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM. 7151144023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM. 7151144023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
13. NIM. 7151144023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 7151144023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Korespondensi yang diajar dengan model pembelajaran Project Basead Learning dan hasil belajar korespondensi yang diajarkan dengan model pembelajaran Pendakatan Saentifik siswa SMK Swasta PAB 12 Saentis Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini di laksanakan di SMK Swasta PAB 12 Saentis Medan yang ber-alamat di Jln. Serayu, Saentis, Kecamatan, Percut Sei Tuan Pada tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X BM SMKS PAB 12 yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik total sampling, yaitu kelas X BM 1 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X BM 2 sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 25 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan.
Hasil analisis yang di peroleh nilai rata – rata kelas eksperimen 1 yang diajar dengan model pembelajaran Project Basead Learning dengan Pendekatan Saintifik nilai rata-rata pre-test 37,47 dan post-test 79,20 dengan standar deviasi 9,36 dan 11,76. Pada kelas eksperimen 2 yang diajar dengan metode Konvensional nilai rata-rata pre-test 34,93 dan post-test 71,87 dengan standar deviasi 8,53 dan 9,37. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 2,675, dan ttabel = 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 2,675>1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa thitung > ttabel maka hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Korespondensi yang diajar dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Saentifik lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar Korespondensi yang diajarkan dengan Metode pembelajaran Konvensional siswa SMK Swasta PAB 12 Saentis Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 080 |
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning; Saintifik; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:19 |
Last Modified: | 06 May 2020 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36404 |