DESTI, ELFINA (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI 104607 SEI ROTAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
2. NIM. 1151111014_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
3. NIM. 1151111014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 1151111014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
5. NIM. 1151111014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM. 1151111014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1151111014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1151111014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1151111014_BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. NIM. 1151111014_BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan Problem Posing pada mata pembelajaran Tematik siswa dikelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen (eksperimen semu). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 14607 Sei Rotan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104507 Sei Rotan yang berjumlah 59. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V-B 29 siswa dan V-C 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu Pre Test dan Post Tes berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal dengan 4 option jawaban yang telah di validasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas,uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan Problem Posing. Hasil belajar menggunakan Problem Solving pada kelas eksperimen I diperoleh dari data pre test dengan nilai rata rata (X= 45,69) dengan standar deviasi 11,47 dan nilai post tes dengan nilai rata rata (X1= 72,76) dengan standard deviasi 12,069. Sedangkan hasil belajar menggunakan Problem Posing pada kelas eksperimen II diperoleh data pre test dengan nilai rata rata (X= 44,33) dengan standar deviasi 12,08 dan nilai post tes dengan nilai rata rata (X2= 68,17) dengan standard deviasi 11,48. Analisis data pengujian hipotesis dengan menggunakan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan bahwa thitung> ttabel (7,66> 2,002), sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha.
Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik, antara penerapan model Problem Solving dengan model pembelajaran Problem Posing di kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A 2019/2020. Dengan demikian hipotesis Ha diterima. Saran agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber informasi bagi kepala sekolah SD Negeri 104607 Sei Rotan untuk menjadikan model Problem Solving dan Problem Posing sebagai salah model pembelajaran yang hendak diterapkan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 241 |
Keywords: | Hasil belajar siswa, Problem Solving, Problem Posing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:19 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36401 |