HASIBUAN, AHAMD MUNAWIR (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE UP DAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP I SMK NEGRI 1 PANTAI CERMIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7143141001 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2 NIM. 7143141001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
3 NIM. 7143141001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4 NIM. 7143141001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5 NIM. 7143141001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6 NIM. 7143141001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7 NIM. 7143141001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8 NIM. 7143141001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9 NIM. 7143141001 BAB I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13 NIM. 7143141001 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14 NIM. 7143141001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Pengaruh strategi pembelajaran FIRE-UP terhadap hasil belajar kearsipan; 2). Pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar kearsipan; 3). Pengaruh interaksi antara Strategi pembelajaran dengan kreativitas belajar dalam mempengaruhi hasil belajar kearsipan siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pantai Cermin, Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Hasil analisis data diperoleh nilai rerata pre-test siswa kelas eksperimen
= 34,86 dengan SD = 15,121 dan nilai rerata pre-test kelas kontrol = 30,27 dengan SD = 16,114, sedangkan nilai rerata post-test setelah diterapkan strategi pembelajaran FIRE-UP dan konvensional = 77,08 dengan SD = 12,692. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Thitung = 0,069 > Ttabel = 0,05) dan homogen (Fhitung = 0,072 > Ftabel = 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa : 1). Rerata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan FIRE-UP = 81,26 dan konvensional = 73,05 dengan nilai sig. 0,000; 2). Rerata hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar yang tinggi = 86,80 dan kreativitas belajar yang rendah = 67,51 dengan nilai sig. 0,000; 3). Rerata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan FIRE-UP yaitu kelompok kreativitas belajar yang tinggi = 88,88 dan kelompok kreativitas belajar yang rendah = 73,64 lebih besar dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan dengan konvensional yaitu kelompok kreativitas belajar yang tinggi 84,73 dan kelompok kreativitas belajar yang rendah = 61,38 dengan nilai sig. 0,028, dalam hal ini ketiga hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha.
Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran FIRE-UP dan kreativitas
belajar terhadap hasil belajar kearsipan siswa kelas X Administrasi Perkantoran di
SMK Negeri 1 Pantai Cermin, Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 083 |
Keywords: | Fire Up, Kreatifitas Belajar, Hasil Belajar Kearsipan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:18 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36385 |