PURBA, MAY ANJELIA (2019) HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DAN PROFESIONALISME GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X AP DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7152144004 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 7152144004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (756kB) | Preview
3. NIM. 7152144004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
4. NIM. 7152144004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM. 7152144004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 7152144004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7. NIM. 7152144004 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 7152144004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
9. NIM. 7152144004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
13. NIM. 7152144004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM. 7152144004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara Media Pembelajaran Visual Dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X AP di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jalan STM No 12 E Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 211 orang dan melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Untuk uji instrumen penelitian, peneliti menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sebelum dianalisis, data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis regresi berganda dan koefisien kolerasi, dan untuk uji hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F serta koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda menunjukkan persamaan Y= 50,533 +0,092 X_1+ 0,395 X_2. Hasil uji t untuk Media Pembelajaran Visual menunjukkan bahwa thitung> ttabel (2,274>1,675) dengan taraf signifikansi alpha 0,05 (5%). Dengan demikian maka hipotesis pertama diterima, yaitu bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Media Pembelajaran Visual (X1) terhadap Indeks Prestasi (Y). Untuk variabel Profesionalisme Guru, diperoleh thitung> ttabel (6,677 >1,675) dengan taraf signifikansi alpha 0,05 (5%). Dengan demikian hipotesis kedua diterima, yaitu bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari Profesionalisme Guru (X2) terhadap Indeks Prestasi (Y). Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung> Ftabel (30,813> 3,18) dengan nilai sig.α sebesar 0,00 < 0,05. Maka hipotesis ketiga diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara dari Media Pembelajaran Visualn (X1) dan Profesionalisme Guru (X2) terhadap Indeks Prestasi (Y). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,552 atau 55,2%. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 55,2%. Sedangkan sisanya 44,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar analisa penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 084 |
Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL, PROFESIONALISME GURU, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:17 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36377 |