GULTOM, DEVI DUVITA SARI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMKS AL-WAHLIYAH PASAR SENEN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 7153342006 COVER.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2. NIM 7153342006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
3.NIM 7153342006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
4.NIM 7153342006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5.NIM 7153342006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6.NIM 7153342006 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7.NIM 7153342006 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.NIM 7153342006 APPENDIXES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9.NIM 7153342006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
13.NIM 7153342006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14.NIM 7153342006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution pada siswa kelas XI AK SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini diadakan di SMK Swasta Al-Washliyahpada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-AK yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.
Hasil analisis data observasi aktivitas siswa menunjukkan bahwa pada siklus I 36,67%siswa termasuk dalam kategori aktif dan meningkat pada siklus II menjadi 86,67%. Analisis data tes hasil belajar menunjukkan bahwa sebelum tindakan terdapat 30% siswayang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 53,67, pada siklus I 73,33% siswa tuntas belajardengan nilai rata-rata kelas 80, dan meningkatpada siklus II menjadi 86,67% dengan nilai rata-rata kelas 88.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 180 |
Keywords: | AKTIVITAS, HASIL BELAJAR, PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:15 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36357 |