HUTASOIT, ARMELI GAMELIA (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR PKK SISWA KELAS XI PEMASARAN SMKN 1 DOLOK SANGGUL T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7151143007 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 7151143007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
3. NIM. 7151143007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
4. NIM. 7151143007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 7151143007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 7151143007 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 7151143007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7151143007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM. 7151143007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
13. NIM. 7151143007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 7151143007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Masalah di dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Multimedia terhadap hasil belajar siswa kelas XI PM SMKN 1 Dolok Sanggul Tahun Ajaran 2018/2019.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PM SMKN 1 Dolok Sanggul yang berjumlah 50 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan Total sampling, yaitu keseluruhan populasi di jadikan sampel dalam penelitian. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI PM 1 dan XI PM 2 yang berjumlah 50 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes soal. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 80 dengan standar deviasi 9,68 dimana nilai varians 93,75. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 73 dengan standar deviasi 10,61 dimana nilai varians 112,50. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 – 2 = 25 + 25 – 2 = 48 pada taraf signifikan 95% diperoleh ttabel sebesar 1,677 dan thitung sebesar 2,29. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (2,29) > ttabel (1,677 ) maka hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Multimedia terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Multimedia lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 52% daripada hasil belajar menggunakan model pembelajaran Ekspositori dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 47,67% pada mata pelajaran kewirausahaan Kelas XI PM SMKN 1 Dolok Sanggul Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 NIAGA 056 |
Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN CTL, MULTIMEDIA, DAN HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:14 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36352 |