PENGARUK KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA KELAS X SMK SWASTA BM APIPSU MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Suprayogi, Eko (2019) PENGARUK KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA KELAS X SMK SWASTA BM APIPSU MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM_7141141018_COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM_7141141018_COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM_7141141018_LEMBAR PERSETUJUAN+DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
2.NIM_7141141018_LEMBAR PERSETUJUAN+DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM_7141141018_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM_7141141018_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM_7141141018_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM_7141141018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM_7141141018_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM_7141141018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM_7141141018_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6.NIM_7141141018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM_7141141018_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7.NIM_7141141018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM_7141141018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8.NIM_7141141018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM_7141141018_BAB 1.pdf]
Preview
Text
9.NIM_7141141018_BAB 1.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM_7141141018_BAB 5.pdf]
Preview
Text
13.NIM_7141141018_BAB 5.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM_7141141018_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14.NIM_7141141018_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kompetensi
pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas X
SMK Swasta BM Apipsu Medan 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK
Swasta BM Apipsu Medan yang beralamat Jl. Jambi Pandau Hulu I, Medan Kota,
Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kompotensi
pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini
adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK
Swasta BM Apipsu Medan yang berjumlah 60 orang diambil dengan menggunakan
teknik pengambilan sampel secara Total Sampling. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Uji validitas
untuk menguji angket menggunakan rumus Product Moment dan uji realiabilitasnya
menggunakan rumus croncbach alpha. Untuk menganalisis data penulis
menggunakan persamaan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis dengan
rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi (r2).
Berdasarkan dari analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis
secara linear Y = a + b1X1 + b2X2 adalah Y = 36,059 + 0,135 X1 + 0,467 X2. Hasil
analisis uji t untuk variabel Kompetensi Pedagogik Guru (X1) diperoleh nilai t hitung
> t tabel (2,477 > 1,671) dengan nilai signifikan lebih kecil dari taraf signifikan 0,05
(0,000 < 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis pertama diterima yang berarti ada
pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru (X1) terhadap
prestasi belajar (Y).
Untuk variabel Motivasi Belajar (X2) diperoleh nilai t hitung sebesar 9,792
dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Sedangkan nilai t tabel sebesar 1,671 maka dari
hasil tersebut kita dapat bahwa nilai t hitung > t tabel (9,792 > 1,671). Dengan nilai
yang signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan
demikian maka hipotesis kedua dapat diterima yang berarti ada pengaruh positif dan
signifikan antara Motivasi Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y). Berdasarkan uji
f diperoleh bahwa f hitung > f tabel (70,911 > 3,16) dan nilai signifikansi lebih kecil
dari taraf signifikansi a<0,05 (0,000 < 0,05).
Dengan demikian maka hipotesis ketiga diterima yang berarti ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar
terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi siswa kelas X
SMK Swasta BM Apipsu Medan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 ADP 088
Keywords: Kompetensi Pedagogik gurumotivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:14
Last Modified: 05 Jun 2020 03:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36349

Actions (login required)

View Item
View Item