Suprayogi, Eko (2019) PENGARUK KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA KELAS X SMK SWASTA BM APIPSU MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM_7141141018_COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2.NIM_7141141018_LEMBAR PERSETUJUAN+DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3.NIM_7141141018_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4.NIM_7141141018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
5.NIM_7141141018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
6.NIM_7141141018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7.NIM_7141141018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8.NIM_7141141018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9.NIM_7141141018_BAB 1.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
13.NIM_7141141018_BAB 5.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
14.NIM_7141141018_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kompetensi
pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas X
SMK Swasta BM Apipsu Medan 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK
Swasta BM Apipsu Medan yang beralamat Jl. Jambi Pandau Hulu I, Medan Kota,
Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kompotensi
pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini
adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK
Swasta BM Apipsu Medan yang berjumlah 60 orang diambil dengan menggunakan
teknik pengambilan sampel secara Total Sampling. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Uji validitas
untuk menguji angket menggunakan rumus Product Moment dan uji realiabilitasnya
menggunakan rumus croncbach alpha. Untuk menganalisis data penulis
menggunakan persamaan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis dengan
rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi (r2).
Berdasarkan dari analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis
secara linear Y = a + b1X1 + b2X2 adalah Y = 36,059 + 0,135 X1 + 0,467 X2. Hasil
analisis uji t untuk variabel Kompetensi Pedagogik Guru (X1) diperoleh nilai t hitung
> t tabel (2,477 > 1,671) dengan nilai signifikan lebih kecil dari taraf signifikan 0,05
(0,000 < 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis pertama diterima yang berarti ada
pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru (X1) terhadap
prestasi belajar (Y).
Untuk variabel Motivasi Belajar (X2) diperoleh nilai t hitung sebesar 9,792
dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Sedangkan nilai t tabel sebesar 1,671 maka dari
hasil tersebut kita dapat bahwa nilai t hitung > t tabel (9,792 > 1,671). Dengan nilai
yang signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan
demikian maka hipotesis kedua dapat diterima yang berarti ada pengaruh positif dan
signifikan antara Motivasi Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y). Berdasarkan uji
f diperoleh bahwa f hitung > f tabel (70,911 > 3,16) dan nilai signifikansi lebih kecil
dari taraf signifikansi a<0,05 (0,000 < 0,05).
Dengan demikian maka hipotesis ketiga diterima yang berarti ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar
terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi siswa kelas X
SMK Swasta BM Apipsu Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 088 |
Keywords: | Kompetensi Pedagogik gurumotivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:14 |
Last Modified: | 05 Jun 2020 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36349 |