GRAMMATICAL INTRICACY AND LEXICAL DENSITY OF THE SMA STUDENTS TEXTBOOKS

Rahmansyah, Habib (2012) GRAMMATICAL INTRICACY AND LEXICAL DENSITY OF THE SMA STUDENTS TEXTBOOKS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8106111014 Abstrak.pdf]
Preview
Text
8106111014 Abstrak.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8106111014 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
8106111014 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 8106111014 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
8106111014 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 8106111014 Bab I.pdf]
Preview
Text
8106111014 Bab I.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 8106111014 Bab V.pdf]
Preview
Text
8106111014 Bab V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 8106111014 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8106111014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 8106111014 Lampiran.pdf]
Preview
Text
8106111014 Lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan kerumitan tata bahasa dan kepadatan leksikal buku teks siswa SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan klausa kompleks yang dibandingkan dengan klausa sederhana untuk menemukan kerumitan gramatikal teks-teks buku pelajaran siswa dan di dalamnya juga ditemukan tingkat kerumitan leksikal yang disebutkan sebagai kepadatan leksikal. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini adalah teks-teks dari buku pelajaran dari siswa SMA. Analisis dilakukan merujuk kepada beberapa cara-cara analisis yang dilakukan dalam SFL. Untuk menentukan, mengidentifikasi, dan menganalisis data, peneliti menggunakan langkah-langkah tertentu sehingga data dapat dijelaskan. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan persentase kerumitan dengan menghitung perbandingan jumlah klausa kompleks; buku teks I = 54:41 x 100% = 131%. Ini berarti bahwa teks dalam hal kerumitan tata bahasanya sangat kompleks, buku II = 55:76 x 100% = 72%. Ini berarti bahwa teks dalam hal kerumitan tata bahasanya termasuk kompleks, buku III = 39:72 x 100% = 54%. Ini berarti bahwa teks dalam hal kerumitan tata bahasanya masih tergolong kompleks (menggunakan skala 0% - 100%) kepadatan leksikal;. Buku I adalah 4,19 (leksikalnya 705 item dibagi dengan 168 Klausa), buku II adalah 5,14 (leksikalnya 1085 item dibagi dengan 211 klausa), buku III adalah 6,25 (leksikalnya 1025 item dibagi dengan 164 klausul). Ini berarti bahwa teks dalam buku III memiliki kepadatan leksikal tertinggi, Buku II lebih rendah. Disarankan bahwa penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan buku teks perlu dilakukan untuk mengetahui apakah ada kerumitan tata bahasa lainnya yang signifikan dan kepadatan leksikal sesuai dengan bidang tertentu. Diharapkan temuan penelitian ini akan berguna bagi siapa saja yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang teks, kemudian guru, dan pendidik untuk membantu mereka untuk merancang materi yang pas dalam bahasa Inggris khususnya tentang teks-teks dalam buku teks bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 415 Rah g
Keywords: Textbook; Genre; Clause complex; Grammatical intricacy; Lexical density
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 16 Jul 2018 08:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3632

Actions (login required)

View Item
View Item