BASTYA, JULIANI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS V SD NEGERI 104607 SEI ROTAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1152111013_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1152111013_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
3. NIM. 1152111013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 1152111013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
5. NIM. 1152111013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6. NIM. 1152111013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1152111013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1152111013_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1152111013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
10. NIM. 1152111013_BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
14. NIM. 1152111013_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM. 1152111013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Organ Gerak Hewan dan Manusia dengan menerapkan model pembelajaran IOC.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104607 Sei Rotan kelas V pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 30 siswa. Terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan berganda dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa. Penelitian ini terdiri dari tahap awal (pre test) dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa pada saat pre test dari 30 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 7 siswa (23,33%) dengan nilai rata-rata 53,8 dan sebanyak 23 siswa (76,67%) belum tuntas. Pada siklus I sebanyak 19 siswa (63,33%) mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 67,2, dan sebanyak 11 siswa (36,67%) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 26 siswa (86,67%) dengan nilai rata-rata 80,2 dan sebanyak 4 siswa (13,33%) belum tuntas. Hasil observasi guru dalam mengajar juga mengalami peningkatan, saat siklus I hanya memperoleh nilai 81,82 (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai 93,18 (sangat baik). Demikian juga hasil observasi siswa pada saat siklus I hanya memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,55 dan meningkat setelah diadakan siklus II menjadi 89,85.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahawa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 247 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE; dan HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 11:12 |
Last Modified: | 04 May 2020 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36313 |