IMPROVING STUDENTS GRAMMAR ACHIEVEMENT BY USING ENGLISH SONGS AT GRADE VIII OF MTS NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

Harahap, Misrayana (2012) IMPROVING STUDENTS GRAMMAR ACHIEVEMENT BY USING ENGLISH SONGS AT GRADE VIII OF MTS NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 809112032 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
809112032 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
[thumbnail of 809112032 Abstrak.pdf]
Preview
Text
809112032 Abstrak.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 809112032 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
809112032 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 809112032 Bab I.pdf]
Preview
Text
809112032 Bab I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 809112032 Bab V.pdf]
Preview
Text
809112032 Bab V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 809112032 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
809112032 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Tata Bahasa merupakan salah satu materi pembelajaran yang sangat penting yang diajarkan di sekolah – sekolah dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi.Tata bahasa suatu bahasa adalah suatu gambaran bagaimana kata – kata dapat berubah dan membentuk sebuah kalimat. Bila tata bahasa diabaikan maka komunikasi yang terjadi akan buruk dan akan terciptalah suatu susunan kalimat yang akan sulit untuk dimengerti.Tata bahasa adalah gambaran bagaimana kalimat – kalimat sederhana terbentuk.Pada masa sekarang, tidak ada lagi pembelajaran khusus tentang grammar.Materi bahasa Inggris diaplikasikan dalam teks yang meliputi procedure, report, narrative, recount, dan descriptive teks. Teks – teks ini diajarkan di tingkat sekolah menengah pertama. Tidak adanya pembelajaran yang memfokuskan grammar tapi yang ada adalah pengaplikasian teks langsung dimana para siswa harus dapat memahaminya dan juga harus mampu menulis jenis – jenis teks functional pendek.Untuk dapat menulis teks – teks functional para siswa haruslah tahu tentang tata bahasa untuk dapat menyusun kalimat yang baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah ada peningkatan kemampuan grammar siswa bila diajar dengan menggunakan lagu – lagu dalam bahasa inggris? Lagu – lagu ini diterapkan pada siswa di dalam kelas ketika mereka sedang belajar grammar / tata bahasa.Penelitian ini diterapkan dalam tiga tahapan. Karena penelitian ini berbentuk action research atau penelitian tindakan kelas. Objek dari penelitian ini adalah murid – murid kelas VIII-3 dari Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padangsidimpuan yang terdiri dari 37 orang siswa. Data yang diperoleh untuk penelitian ini berasal dari pengamatan lapangan, wawancara terhadap guru dan siswa dan test kemampuan siswa.Pada setiap tahapan dari penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan lagu – lagu berbahasa Inggris dalam pembelajaran grammar / tata bahasa memberikan nilai yang baik dalam proses pembelajaran. Dimana minat para siswa dalam belajar meningkat karena mereka merasa senang dan santai ketika sedang belajar. Mereka mudah mengingat kalimat – kalimat melalui lirik – lirik lagu yang diperdengarkan. Nilai – nilai yang mereka perolehpun meningkat di mana pada tahap pertama, rata – rata nilai mereka adalah 57.13, pada tahap kedua naik menjadi 66.16 dan pada tahap ketiga menjadi 76,75. Ini menunjukan bahwa kemampuan grammar siswa meningkat setelah diterapkannya tehnik lagu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris (S3)
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 Mar 2017 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3631

Actions (login required)

View Item
View Item