PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MELALUI METODE SPEED READING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 105321 TUMPATAN NIBUNG KECAMATAN BATANGKUIS

Muallim, - (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MELALUI METODE SPEED READING PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 105321 TUMPATAN NIBUNG KECAMATAN BATANGKUIS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8106181013 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
8106181013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (763kB) | Preview
[thumbnail of 8106181013 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
8106181013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8106181013 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
8106181013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 8106181013 BAB I.pdf]
Preview
Text
8106181013 BAB I.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8106181013 BAB V.pdf]
Preview
Text
8106181013 BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 8106181013 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8106181013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk menemukan apakah melalui penerapan metode Speed Reading dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa.Subjek penelitian ini empat puluh dua orang siswa kelas V SD Negeri No. 105321 Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis.Peningkatan kemampuan membaca cepat tersebut diperoleh melalui pembelajaran dengan menggunakan metode Speed Reading membaca kelompok kata.dan tes yang dilakukan kepada siswa, observasi serta wawancara. Hasil tes dihitung dengan menggunakan rumus kecepatan efektif membaca (KEM), hasil perolehan menggambarkan kemampuan kecepatan siswa membaca berapa kata per menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kecepatan membaca rata-rata siswa 41 kata per menit, pada siklus II terdapat kenaikan menjadi rata-rata 107 kata per menit. Pada siklus I siswa yang mampu membaca minimal 75 kata per menit 17,5 %, pada siklus II naik menjadi 82 %. Dalam memahami isi bacaan pada siklus I siswa yang mempunyai nilai minimal 75 ada 5 % pada siklus II naik menjadi 51 %. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Speed Reading mampu meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Mua p
Keywords: Membaca cepat; Kata; Kelompok kata; Gerakan mata; Kecepatan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 Feb 2017 08:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3625

Actions (login required)

View Item
View Item