PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MEDIA PHET PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2018/2019

SARI, DWI FINTA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MEDIA PHET PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153121016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153121016 COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153121016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153121016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153121016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153121016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153121016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153121016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153121016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4153121016 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4153121016 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4153121016 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4153121016 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4153121016 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4153121016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4153121016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4153121016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4153121016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4153121016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4153121016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4153121016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains menggunakan media PhET pada materi pokok Gelombang Bunyi di kelas XI semester II di SMA Negeri 14 Medan T.P 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan yang terdiri 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA-7 dengan 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-5 dengan 29 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran inquiry training menggunakan media PhET dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay dengan jumlah soal 10 item yang telah divalidasi oleh validator.
Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji-t dua pihak diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 39,30 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 37,37. Setelah pembelajaran selesai diberikan postest dengan menggunakan uji-t satu pihak diperoleh hasil nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 76,46 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol sebesar 69,27. Dari hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = 4,314 sedangkan ttabel = 1,637. Karena thitung > ttabel (4,314 > 1,637) maka Ha diterima (Ha = ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains menggunakan media PhET pada materi pokok Gelombang Bunyi di kelas XI semester II SMA Negeri 14 Medan T.P 2018/2019). Dengan menggunakan uji t satu pihak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains menggunakan media PhET pada materi pokok Gelombang Bunyi di kelas XI semester II SMA Negeri 14 Medan T.P 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 238
Keywords: KETERAMPILAN PROSES SAINS, MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING, GELOMBANG BUNYI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 10:39
Last Modified: 30 Apr 2020 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36234

Actions (login required)

View Item
View Item