SARI, DWI FINTA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MEDIA PHET PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153121016 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM. 4153121016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM. 4153121016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 4153121016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 4153121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM. 4153121016 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 4153121016 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 4153121016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9. NIM 4153121016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM 4153121016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM 4153121016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains menggunakan media PhET pada materi pokok Gelombang Bunyi di kelas XI semester II di SMA Negeri 14 Medan T.P 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan yang terdiri 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA-7 dengan 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-5 dengan 29 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran inquiry training menggunakan media PhET dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay dengan jumlah soal 10 item yang telah divalidasi oleh validator.
Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji-t dua pihak diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 39,30 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 37,37. Setelah pembelajaran selesai diberikan postest dengan menggunakan uji-t satu pihak diperoleh hasil nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 76,46 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol sebesar 69,27. Dari hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = 4,314 sedangkan ttabel = 1,637. Karena thitung > ttabel (4,314 > 1,637) maka Ha diterima (Ha = ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains menggunakan media PhET pada materi pokok Gelombang Bunyi di kelas XI semester II SMA Negeri 14 Medan T.P 2018/2019). Dengan menggunakan uji t satu pihak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains menggunakan media PhET pada materi pokok Gelombang Bunyi di kelas XI semester II SMA Negeri 14 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 238 |
Keywords: | KETERAMPILAN PROSES SAINS, MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING, GELOMBANG BUNYI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 10:39 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36234 |