NALURI, MEGALIA (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN KELUARGA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7151142022 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM. 7151142022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
3. NIM 7151142022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4. NIM 7151142022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5. NIM 7151142022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
6. NIM 7151142022 APPENDIXES.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
7. NIM 7151142022 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
8. NIM 7151142022 TABLES.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
9. NIM 7151142022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
13. NIM 7151142022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14. NIM 7151142022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Swasta Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 melalui Penerapan Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS).
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Yayasan Pendidikan Keluarga Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah Penerapan Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa diperoleh hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 11 orang siswa (36,67%) yang termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk dalam kriteria aktif meningkat menjadi 19 orang siswa (63,33%). Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre-test69 dengan siswa yang tuntas 10 siswa (33,33%) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 73,93 dengan siswa tuntas 19 siswa (63,33%) dan meningkat di hasil post-test siklus II dengan nilai rata-rata 82,57 dengan siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (90%). Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Akuntansi Piutang Wesel di Kelas XI SMK Swasta Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 196 |
Keywords: | AKTIVITAS,HASIL BELAJAR,PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 10:29 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36232 |