ANALISIS DAN STANDARISASI BUKU PELAJARAN KIMIA SMK KELAS XI BERDASARKAN STANDAR ISI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Yanti, Afrida Epa (2012) ANALISIS DAN STANDARISASI BUKU PELAJARAN KIMIA SMK KELAS XI BERDASARKAN STANDAR ISI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8106142001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
8106142001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 8106142001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
8106142001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 8106142001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
8106142001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 8106142001 BAB I.pdf]
Preview
Text
8106142001 BAB I.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 8106142001 BAB V.pdf]
Preview
Text
8106142001 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 8106142001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8106142001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urutan penyajian buku pelajaran kimia yang digunakan pada SMK Teknologi kelas XI di Sumatera Utara, menyusun urutan materi pelajaran kimia kelas XI yang sesuai dan sistematis mengacu pada KTSP SMK Teknologi, mengembangkan buku pelajaran kimia SMK Teknologi kelas XI yang standar sesuai KTSP yang akan dipergunakan dalam pengajaran kimia SMK kelas XI, mengetahui pendapat guru kimia di SMK Teknologi kelas XI terhadap hasil pengembangan buku pelajaran kimia standar yang telah disusun, dan mengetahui efektifitas buku pelajaran kimia SMK standar hasil pengembangan terhadap hasil pembelajaran kimia SMK Teknologi kelas XI. Sampel dalam penelitian ini adalah dua penerbit buku pelajaran kimia yang paling banyak digunakan pada SMK Teknologi kelas XI di Sumatera Utara, telah lulus dari pusat perbukuan, dan dipasarkan secara nasional, dua dosen sebagai validator ahli dan enam guru kimia SMK Teknologi kelas XI yang digunakan sebagai responden dan mempunyai pengalaman mengajar minimal selama lima tahun, pendidikan minimal strata satu (S1) serta 120 orang siswa yang terbagi dalam dua kelas (kelas kontrol dan kelas eksperimen). Penelitian termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan data kualitatif yang dijelaskan dengan menggunakan kalimat dengan menekankan teknik dokumenter. Instrumen penelitian ini adalah angket dengan lembar kelayakan buku yang berisi indikator-indikator penilaian yang berasal dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tahun 2006, yang kemudian diidentifikasi kemunculannya untuk masing-masing buku. Selanjutnya dikembangkanlah buku pelajaran kimia SMK Teknologi kelas XI sesuai KTSP, yang akan dinilai oleh validator ahli dan responden guru kimia SMK Teknologi. Instrumen berikutnya berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes pada salah satu materi kimia pada buku yang telah dikembangkan. Hasil penilaian berupa rata-rata rentang validasi untuk menentukan layak atau tidaknya buku tersebut digunakan diSMK Teknologi kelas XI. Hasil analisis kelayakan isi dari kedua buku pelajaran kimia yang paling banyak digunakan di SMK kelas XI diperoleh persentase: buku A=71,87% dan B=74,33%. Rata-rata rentang validasi yang diperoleh pada usulan materi kimia SMK Teknologi kelas XI adalah 3,5., yang berarti usulan buku layak digunakan untuk dikembangkan. Buku pelajaran kimia yang telah dikembangkan terdiri dari enam bab, yaitu: Bab 1 Reaksi Kimia, Bab 2 Reaksi Oksidasi-Reduksi, Bab 3 Elektrokimia, Bab 4 Larutan, Bab 5 Kesetimbangan kimia dan Bab 6. Termokimia. Penilaian buku pelajaran kimia SMK Teknologi kelas XI berdasarkan kelayakan isi dan kegrafikan oleh validator ahli adalah 3,6 dan 3,5. Penilaian berdasarkan standar kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikan oleh responden guru kimia SMK Teknologi diperoleh hasil rata-rata rentang validasi secara berurutan adalah 3,53; 3,6; 3,56 dan 3,43. Rentang validasi secara keseluruhan yang diperoleh dari keenam responden guru kimia SMK Teknologi adalah 3,54. Rata-rata persentase efektifitas hasil belajar siswa pada kelas Kontrol dan kelas eksperimen adalah 64,93% dan 67,19%. Dari hasil penelitian berarti buku pelajaran kimia SMK teknologi kelas XI sesuai KTSP berdasarkan standar kelayakan dari BSNP sudah valid dan tidak perlu direvisi kembali serta layak digunakan dalam pembelajaran kimia di SMK Teknologi. Penggunaan buku pelajaran kimia SMK Teknologi kelas XI yang dikembangkan efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 Yan a
Keywords: Kompetensi; Kimia; Buku pelajaran; Belajar mengajar; Kurikulum tingkat satuan pendidikan; Standar kelayakan
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 Feb 2017 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3622

Actions (login required)

View Item
View Item