Lishanata, Mida (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA SD NEGERI MEDAN T.A 2018/2019. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136122031 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 8136122031 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
3. NIM 8136122031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM 8136122031 ACNOWLEDMENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM 8136122031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM 8136122031 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM 8136122031 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 8136122031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 8136122031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
13. NIM 8136122031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
14. NIM 8136122031 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana hasil belajar IPA peserta didik
yang menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw dan hasil belajar IPA peserta didik yang
menggunakan Model Pembelajaran STAD, (2) Bagaimana hasil belajar IPA antara peserta didik
dengan tingkat Minat belajar tinggi dan hasil belajar peserta didik dengan Minat belajar rendah,
(3) Apakah terdapat interaksi antara Model Pembelajaran (Jigsaw dan STAD) dan Minat belajar
dalam memengaruhi hasil belajar IPA.
Penelitian ini dilakukan di SD Medan yang terdiri dari SD 0606038 Medan dan SD
068007 Medan. Sedangkan populasi untuk siswa sebanyak 251 siswa. Sampel Sekolah untuk
penelitian adalah SD 0606038 Medan Kecamatan Medan Tuntungan dan SD 068007 Medan
kecamatan Medan Tuntungan. Penelitian diletakkan pada kelas V Semester Genap Tahun
Pelajaran 201 8/2019. Untuk sampel penelitian adalah 124 siswa, yaitu 63 siswa diajarkan dengan
menggunakan Model pembelajaran Jigsaw, dan 61 siswa diajarkan dengan menggunakan Model
pembelajaran STAD. Metode penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain
faktorial 2 x 2, Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf
signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan Uji Sccheffe.
Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan
menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar
IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran STAD, hal ini ditunjukkan
oleh nilai F hitumg > Ftabel dengan nilai Fhitung 14,21> Ftabel 4,01; (2) hasil belajar IPA siswa yang
memiliki Minat belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang memiliki Minat
belajar rendah dengan nilai Fhitung = 17,46> Ftabel 4,01; (3) terdapat interaksi antara Model
Pembelajaran dan Minat belajar dalam memengaruhi hasil belajar IPA dengan nilai Fhitung kolom
– baris (interaksi) lebih besar dari Ftabel (Fhitung = 10,24> Ftabel = 4,01) pada taraf signifikansi
0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Jigsaw lebih baik dari pada
Model pembelajaran STAD dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Siswa yang memiliki
Minat belajar tinggi memperoleh hasil belajar IPA lebih tinggi daripada siswa yang memiliki
Minat belajar rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Lis p |
Keywords: | Model Jigsaw, Model STAD, dan Minat Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 08:30 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36151 |