Arnis, Fitri Mustika (2019) ANALISIS LINTASAN BERPIKIR SISWA SMP UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH SPASIAL SETELAH MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176172018 COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. NIM. 8176172018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM. 8176172018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4. NIM. 8176172018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM. 8176172018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 8176172018 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 8176172018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM. 8176172018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
12. NIM. 8176172018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
13. NIM. 8176172018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil tes kemampuan spasial siswa
yang diajar dengan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik 2)
mengetahui lintasan berpikir siswa SMP untuk menyelesaikan masalah spasial
setelah Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik. Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII SMP sebanyak 31 orang. Penelitian ini termasuk
penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen
penelitian ialah, tes kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah geometri
dan pedoman wawancara. Subjek untuk wawancara dipilih sebanyak 6 orang
berdasarkan dengan tingkat kemampuan spasial matematisnya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kemampuan spasial matematis pada siswa
berkemampuan rendah sebanyak 13 siswa, pada siswa berkemampuan sedang
sebanya 6 siswa dan berkemampuan tinggi sebanyak 12 siswa. Jadi, persentase
tingkat kemampuan spasial matematis siswa dengan kemampuan ‘rendah’
sebanyak 38,7%, kemampuan ‘sedang’ sebanyak 29%, dan kemampuan ‘tinggi’
sebanyak 32,3%. 2) Pada lintasan berpikir untuk siswa yang berkemampuan
spasial tinggi biasanya dapat memahami dan menjawab soal dengan waktu yang
relatife lebih cepat untuk soal yang paling mudah. Sedangkan untuk siswa yang
yang memiliki kemampuan spasial sedang hampir sama dengan siswa dengan
kemampuan spasial tinggi. Yaitu siswa berusaha memahami dan menjawab soal
yang diberikan dengan waktu yang agak cepat. Dan siswa yang memiliki tingkat
kemampuan spasial yang rendah cukup lama untuk soal yang paling mudah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Arn a |
Keywords: | Kemampuan Spasial, Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik, lintasan berpikir siswa, berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 05:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36146 |