Siregar, Evitamala (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL SCIENTIFIC INQUIRY DENGAN MEDIA ALGODOO DAN ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176175006 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 8176175006 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM. 8176175006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. NIM. 8176175006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. NIM. 8176175006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5. NIM. 8176175006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
6. NIM. 8176175006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 8176175006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
8. NIM. 8176175006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM. 8176175006 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8176175006 BAB V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM. 8176175006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan
proses sains siswa yang diajarkan menggunakan model scientific inquiry dengan
media Algodoo dan adversity quotient. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi
eksperimen dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu sebanyak 2 kelas.
Kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model
Scientifiq Inquiry dengan media Algodoo terdiri dari 35 siswa, kelas X-MIA 2
sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional terdiri
dari 34 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes essay keterampilan
proses sains dan Adversity Quotient dengan daftar pernyataan angket. Data
dianalisis menggunakan two ways anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peningkatan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan menggunakan model
Scientific Inquiry dengan media Algodoo lebih baik daripada keterampilan proses
sains siswa dengan pembelajaran konvensional, peningkatan keterampilan proses
sains yang mempunyai Adversity Quotient yang lebih tinggi (AQ tipe climbers)
lebih baik dari siswa yang mempunyai Adversity Quotient yang lebih rendah (AQ
tipe campers), ada interaksi antara model Scientific Inquiry dengan media
Algodoo dan Adversity Quotient siswa dalam meningkatkan keterampilan proses
sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.71 Sir p |
Keywords: | Model Scientifiq Inquiry, Media Algodoo, Adversity Quotient, Keterampilan Proses Sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 02:32 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36131 |