Effendi, Jufri (2012) HUBUNGAN EFEKTIVITAS SUPERVISI KLINIS DAN KEINOVATIFAN KEPALA MADRASAH DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIS GURU MTS DI KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
809315009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
809315009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
809315009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
809315009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
809315009 Bab I.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
809315009 Bab V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
809315009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) hubungan antara persepsi guru terhadap efektivitas supervisi klinis kepala madrasah dengan kompetensi pedagogis guru MTs di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang, (2) hubungan antara keinovatifan kepala madrasah dengan kompetensi pedagogis guru MTs di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang, (3) hubungan persepsi guru terhadap efektivitas supervisi klinis dan keinovatifan kepala madrasah secara bersama-sama dengan kompetensi pedagogis guru MTs di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini menggunakan teknik proporsional random sampling, ukuran sampel sebanyak 93 orang didasarkan pada tabel Nomogram Harry King (N ≤ 2000). Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen terhadap populasi di luar sampel yang berjumlah 30 guru, bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah kuesioner skala Likert. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik analisis korelasi dan regresi sederhana dan ganda, pada taraf signifikansi 0,05. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengunakan program SPSS versi 15.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru terhadap efektivitas supervisi klinis kepala madrasah dengan kompetensi pedagogis guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,828; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keinovatifan kepala madrasah dengan kompetensi pedagogis guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,431; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi guru terhadap efektivitas supervisi klinis dan keinovatifan secara bersama-sama dengan kompetensi pedagogis guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,876.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Eff h |
Keywords: | Kompetensi pedagogis; Supervisi klinis; Kepala sekolah; Madrasah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3613 |