Maryono (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166175014 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM.8166175014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8166175014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
4. NIM. 8156175014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
5. NIM. 8166175014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
6. NIM. 8166175014 TABLES.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
7. NIM. 8166175014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
8. NIM 8166175014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
9. NIM 8166175014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
13. NIM 8166175014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM 8166175014 BIBLIOGRHAPI.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan
keefektifan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif
berbasis budaya Jawa dan mengetahui peningkatan keterampilan generik sains
dan Self efficacy Peserta Didik dengan menerapkan perangkat pembelajaran
melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Jawa. Penelitian ini
merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D
meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan
di sekolah MAS PAB 2 Helvetia dengan sampel sebanyak 38 Peserta Didik di
kelas XI- MIA 1. Instrumen dan Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
validasi perangkat pembelajaran yaitu lembar validasi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), lembar validasi Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKS),
lembar validasi instrumen keterampilan generik sains dan Self efficacy Peserta
Didik, lembar penilaian kepraktisan pembelajaran, lembar keefektifan
pembelajaran, instrumen aktivitas belajar, instrumen keterampilan generik sains
dan angket Self efficacy Peserta Didik. Peningkatan keterampilan generik sains
dan Self efficacy Peserta Didik menggunakan analisis dengan uji N-gain. Hasil
penelitian diperoleh bahwa Keterampilan generik sains Peserta Didik setiap
pertemuan mengalami peningkatan dengan kategori sedang dan terdapat
peningkatan Self efficacy Peserta Didik dengan kategori sedang serta nilai
aktivitas peserta didik mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Perangkat
pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Jawa telah
memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.71 Mar p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Kooperatif berbasis Budaya Jawa, Keterampilan Generik Sains, Self efficacy. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 08:36 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36127 |