Malau, Santy Menitulo (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN ADOBE FLASH DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136176037 Cover.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 8136176037 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM 8136176037 Abstrak.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM 8136176037 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. NIM 8136176037 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 8136176037 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 8136176037 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 8136176037 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
9. NIM 8136176037 Bab 1.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
13. NIM 8136176037 Bab 5.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM 8136176037 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses
sains fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing
menggunakan adobe flash dan model pembelajaran konvensional, untuk mengetahui
perbedaan keterampilan proses sains siswa yang memiliki kreativitas di atas rata-rata
dan kreativitas di bawah rata-rata, untuk mengetahui apakah ada interaksi antara
model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan adobe flash dan kreativitas
dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan di
SMK Negeri 1 Setia Janji. Sampel penelitian ditentukan secara cluster random
sampling, satu kelas sebagai kelas eksperimen dibelajarkan dengan model
pembelajaran inkuiri terbimbing mengunakan adobe flash dan satu kelas kontrol
dibelajarkan secara konvensional. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini
yaitu tes essay berbasis keterampilan proses sains dan instrumen kreatifitas dalam
bentuk uraian sebanyak 10 soal yang telah divalidkan.. Data yang dihasilkan
dianalisis dengan menggunakan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan adobe flash lebih tinggi daripada
yang dibelajarkan secara konvensional, keterampilan proses sains siswa pada
kelompok kreativitas di atas rata-rata lebih tinggi dibandingkan keterampilan proses
sains siswa pada kelompok dengan kreativitas di bawah rata-rata, dan terdapat
interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan adobe flash
dan pembelajaran konvensional dengan kreativitas terhadap keterampilan proses sains
siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530 Mal p |
Keywords: | inkuiri terbimbing, adobe flash, kreativitas, keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 08:14 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36124 |