Tampubolon, Michael Justine (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8156176033 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM.8156176033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
3. NIM.8156176033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. NIM 8156176033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
5. NIM 8156176033 TABLE OFCONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM 8156176033 TABLES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM 8156176033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM 8156176033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
9. NIM 8156176033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8156176033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
14. NIM 8156176033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah bahan ajar berbasis
guided inquiry untuk melihat peningkatan aktifitas belajar siswa dan sekaligus
meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D. Penelitian ini dimulai
dari studi pendahuluan, analisis kebutuhan siswa, studi literatur, dan observasi
lapangan. Penelitian dilanjutkan dengan mendesain sebuah bahan ajar berbasis
guided inquiry. Bahan ajar yang dikembangkan disusun sesuai dengan fase-fase
dalam guided inquiry. Bahan ajar kemudian dinilai oleh validator ahli materi dan
ahli desain. Bahan ajar juga dinilai oleh guru sekolah dan diuji cobakan pada
siswa. Indikator-indikator penilaian bahan ajar dikembangkan sesuai dengan
indikator-indikator keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan berpikir kritis.
Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan valid dan layak
digunakan berdasarkan kategori penilaian sangat baik oleh validator dengan
persentase skor 89,5% oleh ahli materi dan 95,20% oleh ahli desain; oleh guru
dengan persentase 90% (Responden 1) dan 88,75% (Responden 2). Bahan ajar
juga telah efisien, yang terlihat dari peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan
berpikir kritis siswa dengan analisis N-gain pada kategoru sedang. Berdasarkan
uraian tersebut maka bahan ajar yang dikembangkan berbasis guided inquiry telah
valid, praktis dan efisien sehingga mampu meningkatkan keterampilan berpikir
kreatif dan berpikir kritis siswa. Selain itu, siswa juga mengalami peningkatan
dalam aktifitas belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.71 Tam p |
Keywords: | Penelitian R&D, guided inquiry, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 07:22 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36120 |