PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Tampubolon, Michael Justine (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA DENGAN MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.8156176033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.8156176033 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.8156176033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.8156176033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.8156176033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.8156176033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156176033 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156176033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156176033 TABLE OFCONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156176033 TABLE OFCONTENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156176033 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156176033 TABLES.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156176033 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156176033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156176033 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156176033 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156176033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156176033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156176033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156176033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156176033 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156176033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah bahan ajar berbasis
guided inquiry untuk melihat peningkatan aktifitas belajar siswa dan sekaligus
meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D. Penelitian ini dimulai
dari studi pendahuluan, analisis kebutuhan siswa, studi literatur, dan observasi
lapangan. Penelitian dilanjutkan dengan mendesain sebuah bahan ajar berbasis
guided inquiry. Bahan ajar yang dikembangkan disusun sesuai dengan fase-fase
dalam guided inquiry. Bahan ajar kemudian dinilai oleh validator ahli materi dan
ahli desain. Bahan ajar juga dinilai oleh guru sekolah dan diuji cobakan pada
siswa. Indikator-indikator penilaian bahan ajar dikembangkan sesuai dengan
indikator-indikator keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan berpikir kritis.
Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan valid dan layak
digunakan berdasarkan kategori penilaian sangat baik oleh validator dengan
persentase skor 89,5% oleh ahli materi dan 95,20% oleh ahli desain; oleh guru
dengan persentase 90% (Responden 1) dan 88,75% (Responden 2). Bahan ajar
juga telah efisien, yang terlihat dari peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan
berpikir kritis siswa dengan analisis N-gain pada kategoru sedang. Berdasarkan
uraian tersebut maka bahan ajar yang dikembangkan berbasis guided inquiry telah
valid, praktis dan efisien sehingga mampu meningkatkan keterampilan berpikir
kreatif dan berpikir kritis siswa. Selain itu, siswa juga mengalami peningkatan
dalam aktifitas belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.71 Tam p
Keywords: Penelitian R&D, guided inquiry, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:22
Last Modified: 24 Sep 2019 07:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36120

Actions (login required)

View Item
View Item