PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMA NEGERI 1 BARUMUN TENGAH

Hutasuhut, Karina Hajar (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMA NEGERI 1 BARUMUN TENGAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146172034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146172034 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146172034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146172034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (952kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146172034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146172034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146172034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146172034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146172034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146172034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146172034 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146172034 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146172034 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146172034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146172034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146172034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8146172034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8146172034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146172034 BIBLIOGHAPY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146172034 BIBLIOGHAPY.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis peningkatan kemampuan
komunikasi matematik siswa; 2) menganalisis peningkatan disposisi matematik
siswa; 3) mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan
berbasis pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi
matematik; 4) mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan
berbasis pendekatan matematika realistik terhadap disposisi matematik. Model
pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap
yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Barumun Tengah. Dari hasil
uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa: (1) peningkatan kemampuan
komunikasi matematik siswa dari uji coba I 76,91 meningkat menjadi 82,16 pada
uji coba II. (2) peningkatan disposisi matematik siswa dari uji coba I 79,91
meningkat menjadi 86,46 pada uji coba II. (3) efektivitas perangkat terhadap
kemampuan komunikasi matematik terlihat dari hasil uji coba II yang
menunjukkan bahwa 93,3% siswa telah memiliki kemampuan komunikasi
matematik dengan skor minimal 65 (4) efektivitas perangkat terhadap disposisi
matematik terlihat dari peningkatan rata-rata disposisi matematik siswa dari uji
coba I ke uji coba II.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 511.8 Hut p
Keywords: Komunikasi, Disposisi, Pendekatan Matematika Realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:30
Last Modified: 24 Sep 2019 04:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36118

Actions (login required)

View Item
View Item