Hutasuhut, Karina Hajar (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMA NEGERI 1 BARUMUN TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146172034 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8146172034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (952kB) | Preview
3. NIM 8146172034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 8146172034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM 8146172034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM 8146172034 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 8146172034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 8146172034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8146172034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM 8146172034 BIBLIOGHAPY.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis peningkatan kemampuan
komunikasi matematik siswa; 2) menganalisis peningkatan disposisi matematik
siswa; 3) mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan
berbasis pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi
matematik; 4) mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan
berbasis pendekatan matematika realistik terhadap disposisi matematik. Model
pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap
yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Barumun Tengah. Dari hasil
uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa: (1) peningkatan kemampuan
komunikasi matematik siswa dari uji coba I 76,91 meningkat menjadi 82,16 pada
uji coba II. (2) peningkatan disposisi matematik siswa dari uji coba I 79,91
meningkat menjadi 86,46 pada uji coba II. (3) efektivitas perangkat terhadap
kemampuan komunikasi matematik terlihat dari hasil uji coba II yang
menunjukkan bahwa 93,3% siswa telah memiliki kemampuan komunikasi
matematik dengan skor minimal 65 (4) efektivitas perangkat terhadap disposisi
matematik terlihat dari peningkatan rata-rata disposisi matematik siswa dari uji
coba I ke uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.8 Hut p |
Keywords: | Komunikasi, Disposisi, Pendekatan Matematika Realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 04:30 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36118 |