Peranin-angin, Siska Apulina (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN KONTEKS BUDAYA KARO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 2 SIBOLANGIT. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172061 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 8166172061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8166172061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
4. NIM 8166172061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
5. NIM 8166172061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
6. NIM 8166172061 TABLES.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
7. NIM 8166172061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
8. NIM 8166172061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM 8166172061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13. NIM 8166172061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang
berkualitas yang valid, praktis, dan efektif, yang dikembangkan berdasarkan
model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Konteks Budaya Karo (PBMKBK) untuk kelas VII SMP Negeri 2 Sibolangit; 2) Menganalisis peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diajarkan dengan
menggunakan perangkat PBM-KBK; 3) Menganalisis pencapaian self-efficacy
siswa setelah diajarkan dengan menggunakan perangkat PBM-KBK; 4)
Menganalisis proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri
dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design),
pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran
yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Buku Siswa (BS), Lembar Aktivitas
Siswa (LAS), Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (TKPMM) dan
Angket Self-efficacy. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) perangkat pembelajaran
berbasis PBM-KBK telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau
dari kriteria masing-masing; 2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa setelah diajarkan dengan menggunakan perangkat
PBM-KBK: pada pretest 65,1 dan meningkat pada posttest 81,25; 3) pencapaian
self-efficacy siswa setelah diajarkan dengan menggunakan perangkat PBM-KBK,
memiliki rata-rata 73,87; 4) pada proses jawaban, jenis kesalahan yang sering
dilakukan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah
matematika pada uji coba I adalah kesalahan konsep dan prosedur sedangkan pada
uji coba II kesalahan yang sering terjadi adalah operasi perhitungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.8 Per p |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran, model 4-D, PBM-KBK, kemampuan pemecahan masalah matematika, self-efficacy siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 04:25 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36117 |