Sari, Mahdalena Elma (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP BUDI MULIA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166171024 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 8166171024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
3. NIM. 8166171024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 8166171024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
5. NIM. 8166171024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM. 8166171024 TABLES.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM. 8166171024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 8166171024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8166171024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. NIM. 8166171024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menemukan bahan ajar yang berkualitas
berbasis pendekatan metakognisi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Budi
Mulia Medan; 2) Untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan
metakognisi; 3) Untuk mengetahui kemandirian belajar siswa dengan
menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi
model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah define, design, develop
dan disseminate. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VIII-A, Uji coba II
dilakukan pada siswa kelas VIII-B, dan pada tahap penyebaran dilakukan pada
siswa kelas VIII-C masing-masing sebanyak 25 siswa di SMP Budi Mulia
Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh: (1) Bahan ajar memenuhi kriteria
valid, praktis dan efektif; (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
meningkat dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi; dan
(3) Pencapaian kemandirian belajar menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan
metakognisi yang dikembangkan mencapai kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.71 Sar p |
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Model 4D,Pendekatan Metakognisi, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemandirian Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 03:50 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36111 |