Mareno, Joko (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA MELAYU DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL THINKING SISWA MTSN TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171047 COVER.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
2. NIM. 8156171047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
3. NIM 8156171047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 8156171047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. NIM. 8156171047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. NIM. 8156171047 TABLES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM. 8156171047 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM 8156171047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
12. NIM 8156171047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13. NIM 8156171047 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kepraktisan perangkat
pembelajaran Berbasis Budaya Melayu dan Pendekatan Kontekstual untuk
Meningkatkan kemampuan representasi visual thinking siswa MTs Negeri
Tanjung Pura. Berdasarkan dari hasil uji coba I, uji coba II perangkat
pembelajaran Berbasis Budaya Melayu dan Pendekatan Kontekstual
dikembangkan terpenuhi praktis, ditinjau dari: a) Respon Guru terhadap perangkat
memenuhi skor rata-rata 3,16 kategori baik; b) Respon Siswa terhadap perangkat
memenuhi skor rata-rata 3,08 kategori baik. (2) keefektifan perangkat
pembelajaran ditinjau dari: a) Ketuntasan belajar kemampuan representasi visual
thinking siswa secara klasikal dengan rata-rata skor minimal 2,65 skala 4
terpenuhi sebesar 91,18 %pada ujicoba II; b) kemampuan guru mengelola
pembelajaran pada uji coba I sebesar 3,16, pada uji coba II sebesar 3,24 dengan
kategori tinggi (3 ≤ �� ≤ 4); c) Aktifitas aktif siswa terpenuhi toleransi 5% pada
ujicoba II. (3) Peningkatan kemampuan representasi visual thinking siswa paling
meningkat pada indikator menyajikan masalah dalam bentuk persamaan yaitu
sebesar 0,70, dilihat berdasarkan tahap ujicoba I dan II pada pre-tes dan post-tes
meningkat dengan N-gain sebesar 0,69 kategori sedang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 519.2 Mar p |
Keywords: | Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, CTL, Budaya Melayu, Representasi Visual Thinking (RVT). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Sep 2019 02:59 |
Last Modified: | 24 Sep 2019 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36103 |