PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN

Rahmawati., Nani (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156121019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156121019 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156121019 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156121019 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156121029 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156121029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156121019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156121019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156121019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156121019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156121019 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156121019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156121019 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156121019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156121019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156121019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156121019 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156121019 BAB I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156121019 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156121019 BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156121019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156121019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Mengetahui hasil belajar
matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran Means Ends Analysis, (2) Mengetahui hasil belajar
matematika siswa yang memiliki Berpikir Kreatif tinggi lebih tinggi daripada
siswa yang memiliki Berpikir Kreatif rendah, (3) Mengetahui interaksi antara
model pembelajaran dengan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam mempengaruhi
hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 jurusan di
SMK Negeri 7 Medan. Sampel penelitian diambil 2 kelas yaitu kelas X-PM 1 dan
X-PM 2. Instrumen yang digunakan adalah tes matematika dan tes kemampuan
berpikir kreatif siswa. Analisis yang digunakan adalah ANAVA dua arah dan Uji
Scheffy. Berdasarkan dari analisis hasil uji coba lapangan diperoleh: (1) Hasil
data menunjukkan bahwa Fhitung =80,02>Ftabel =3,99 dengan demikian hipotesis
penelitian yang menyatakan bahwa hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan
dengan Model Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik lebih tinggi
daripada siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Means Ends Analysis
teruji kebenarannya, (2) Hasil data menunjukkan bahwa Fhitung =8,81 > Ftabel =3,99
dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa hasil belajar
Matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif belajar tinggi lebih
tinggi daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif belajar rendah
teruji kebenarannya, (3) Hasil ini menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabel (7,42>3,99)
artinya terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir
kreatif dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika dengan demikian hipotesis
yang menyatakan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan
berpikir kreatif dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika teruji
kebenarannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Rah p
Keywords: Model Pembelajaran, Pendekatan Matematika Realistik, Means Ends Analysis, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Sep 2019 08:12
Last Modified: 23 Sep 2019 08:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36098

Actions (login required)

View Item
View Item