Ibrahim. (2019) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN KEBAHARIAN DI KELAS XI SMK BAHARI HANG TUAH BELAWAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156122012 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM 8156122012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
3 NIM 8156122012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM 8156122012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM 8156122012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM 8156122012 TABLES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM 8156122012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 8156122012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 8156122012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
12. NIM 8156122012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
13 NIM 8156122012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: (1) mengetahui proses
pengembangan e-learning berbasis Moodle pada mata pelajaran Kebaharian di
kelas XI SMK Bahari Hang Tuah Belawan; (2) Mengembangkan Web e-learning
berbasis moodle pada Mata pelajaran Kebaharian di kelas XI SMK Bahari Hang
Tuah Belawan sebagai media pembelajaran; (3) Mengetahui efektivitas e-learning
berbasis moodle pada mata pelajaran Kebaharian di XI SMK Bahari Hang Tuah
Belawan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di banding dengan media
pembelajaran powerpoint. Penelitian ini dilakukan di SMKS Bahari Hang Tuah
Belawan Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian adalah model
pengembangan Bord dan Gall dengan desain pembelajaran Model Dick dan
Carey, meliputi: melakukan penelitian pendahuluan, pembuatan desain software,
pengumpulan bahan, membuat dan memproduksi produk, uji lapangan produk,dan
uji keefektifan produk. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas XI. Untuk
pengembangan produk menggunakan 2 orang ahli desain pembelajaran, 2 orang
ahli materi, 2 orang ahli perangkat lunak, 3 orang siswa uji coba satu-satu, dan 9
orang siswa kelas kelompok kecil. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung> ttabel
(6,07 > 1,99) yang menyimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat
dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan berarti antara hasil belajar
kebaharian siswa yang diajarkan dengan menggunakan e-learning berbasis
Moodle dengan rata-rata hasil belajar Kebaharian siswa yang diajarkan dengan
menggunakan media pembelajaran powerpoint dapat diterima dan teruji
kebenarannya. Keefektifan e-learning berbasis moodle sebesar 90,25% dan
keefektifan pembelajaran dengan powerpoint sebesar 79,5%. Dengan demikian
nilai keefektifan e-learning berbasis moodle lebih tinggi dari nilai keefektifan
pembelajaran dengan media pembelajaran powerpoint yaitu sebesar 10,75%. Hasil
penelitian menyarankan guru untuk membuat dan menggunakan e-learning
berbasis moodle untuk pembelajaran kebaharian sesuai tuntutan kurikulum.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Lbr p |
Keywords: | E-learning berbasis moodle, Mata pelajaran Kebaharian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 07:45 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 09:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36094 |