Sibuea., Hadijah Handayani (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERDASARKAN PERSPEKTIF BEHAVIORAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA JERMAN KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166121003 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 8166121003 LEMBAR PENGESAHAN. pdf.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
3. NIM. 8166121003 ABSTRAK. pdf.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 8166121003 KATA PENGANTAR. pdf.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM. 8166121003 DAFTAR ISI. pdf.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 8166121003 DAFTAR TABEL. pdf.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. NIM. 8166121003 DAFTAR GAMBAR. pdf.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
8. NIM. 8166121003 DAFTAR LAMPIRAN. pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8166121003 BAB I. pdf.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM. 8166121003 BAB V. pdf.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 8166121003 DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuanu ntuk: (1) mengetahui kelayakan sebuah
produk media pembelajaran interaktif berdasarkan perspektif behavioral untuk
meningkatkan keterampilan bahasa Jerman kelas X SMA; (2) mengetahui keefektifan
hasil implimentasi media pembelajaran interaktif berdasarkan perspektif behavioral
untuk meningkatkan keterampilan bahasa Jerman kelas X SMA . Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg
dan Gall. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) uji ahli materi pelajaran bahasa
Jerman berada pada kategori sangat baik; (2) uji ahli media pembelajaran berada pada
kategori sangat baik; (3) uji coba perorangan berada pada kategori sangat baik; (5) uji
coba kelompok kecil berada pada kategori sangat baik dan, (6) uji coba lapangan berada
pada kategori sangat baik. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan
penggunaan media pembelajaran interaktif berdasarkan perspektif behavioral untuk
meningkatkan keterampilan bahasa Jerman kelas X SMA dengan hasil belajar siswa
yang dibelajarkan dengan menggunakan media powerpoint. Hal ini ditunjukan dengan
hasil pengolahan data diperoleh t hitung = 3,48 sedangkan t tabel = 1,67. Diperoleh bahwa t
hitung > t tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan media pembelajaran interaktif berdasarkan perspektif behavioral untuk
meningkatkan keterampilan bahasa Jerman kelas X SMA dengan efektifitas sebesar
83,06% lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan powerpoint
dengan efektifitas sebesar 75,25%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Sib p |
Keywords: | Media pembelajaran interkatif berdasarkan perspektif behavioral, keterampilan bahasa Jerman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PD Germanic languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 07:28 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36091 |