Irawan, Andi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VII SMP AL-AZHAR MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8166182038 COVER.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
2 NIM. 8166182038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
3 NIM. 8166182038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4 NIM. 8166182038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5 NIM. 8166182038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6 NIM. 8166182038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7 NIM. 8166182038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8 NIM. 8166182038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9 NIM. 8166182038 BAB I.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
13 NIM. 8166182038 BAB V.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
14 NIM. 8166182038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Al-Azhar Medan yang bertujuan
untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran (discovery learning dan
ekspositori) terhadap hasil belajar siswa; (2) pengaruh minat belajar terhadap hasil
belajar siswa; dan (3) interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar
terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP Al-Azhar Medan pada Tahun Pembelajaran 2018/2019 berjumlah 206 siswa
yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan purposive
random sampling. Dimana kelas VII reguler A sebagai kelas eksperimen yang
diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning dan VII reguler B
sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori.
Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar siswa, dan angket minat
belajar siswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen (quasi
eksperimental method) dengan teknik analisis Analisis Varians (Anava) faktorial
2x2 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa:
(1) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran (discovery learning dan
ekspositori) terhadap hasil belajar IPS di kelas VII SMP Al-Azhar Medan (Fhitung
= 306,594; P = 0,000); (2) terdapat pengaruh pengaruh signifikan minat belajar
terhadap hasil belajar IPS di kelas VII SMP Al-Azhar Medan (Fhitung = 69,071;
P = 0,000); dan (3) terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan
minat belajar terhadap hasil belajar IPS di kelas VII SMP Al-Azhar Medan (Fhitung
= 5,288; P = 0,012). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa model
pembelajaran discovery learning dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam
memahami dan menguasai materi pelajaran IPS serta meningkatkan minat belajar
siswa menjadi lebih baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Ira p |
Keywords: | hasil belajar, minat belajar, model pembelajaran discovery learning |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 03:15 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36080 |