Fatmawati (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH ALAM SCHOOL OF UNIVERSE KECAMATAN PARUNG KABUPATEN BOGOR. Masters thesis, UNIMED.
1 Nim 8176181006 Cover.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2 Nim 8176181006 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
3 Nim 8176181006 Acknowledgement.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4 Nim 8176181006 Abstract.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5 Nim 8176181006 Table of Content.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5 Nim 8176181006 Table of Content.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6 Nim 8176181006 List of Table.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7 Nim 8176181006 List of Chart.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8 Nim 8176181006 List of Figure.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 Nim 8176181006 Appendices.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
10 Nim 8176181006 Chapter I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14 Nim 8176181006 Chapter V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
15 Nim 8176181006 References.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian in bertujuan untuk: (1)Menelaah kurikulum yang digunakan di
sekolah alam Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.(2)Menganalisis
bagaimana implementasi kurikulum berpengaruh di sekolah alam Kecamatan
Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Desa Lebak Wangi, Kecamatan Parung,
Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
Analisis deskriptif. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara oleh guru,
peserta didik, kepala sekolah penggagas School of Universe, komite, dan bidang
kurikulum, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
kurikulum yang digunakan di School of Universe yaitu AKARALAM dengan
menggunakan model pembelajaran spider webbdengan menentukan tema.
Kurikulum AKARALAM ini memiliki 43 konsep kurikulum yaitu; kurikulum
akhlak, kurikulum leadership, kurikulum logika dan kurikulum bisnis. Kurikulum
akhlak berperan dalam ketercapaian dalam beragama, kurikulum leadership
berperan sebagi pembentuk keberanian dan rasa tanggung jawab, kurikulum
logika berperan sebagai pemberi pengajaran yang sah dalam dunia
pengetahuan/pendidikan, sedangkan bisnis berperan sebagai penjamin kebutuhan
manusia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 378.1 Fat i |
Keywords: | Kurikulum, Konsep AKARALAM, School of Universe |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 03:01 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36078 |