Pengarapenta, Riska Putri (2019) PENGEMBANGAN MODEL KEGIATAN BERMAIN AIR BERBASIS PENGETAHUAN UNTUK MELATIH MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182044 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 8166182044 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM. 8166182044 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
4. NIM. 8166182044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 8166182044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 8166182044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 8166182044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8166182044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8166182044 BAB I.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
13. NIM. 8166182044 BAB V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
14. NIM. 8166182044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan model kegiatan
bermain air berbasis pengetahuan dalam melatih motorik halus anak usia 3-4
tahun didasarkan pada indikator kemampuan motorik halus anak dan (2) untuk
mengukur kelayakan model kegiatan bermain air berbasis pengetahuan dalam
melatih motorik halus anak usia 3-4 tahun yang diukur berdasarkan aktivitas anak
bermain dan respon anak terhadap kegiatan bermain air. Metode penelitian ini
adalah penelitian dan pengembangan (research and development) Borg dan Gall
(1987) yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk.
Melalui penelitian dan pengembangan dikembangkan sebuah produk model
kegiatan bermain air yang layak dan efektif digunakan untuk melatih motorik
halus anak usia 3 – 4 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang dikategorikan memiliki
kemampuan motorik halus anak sebanyak 21 orang (84%) sedangkan yang tidak
memiliki kemampuan motorik halus sebanyak 4 orang (16%). Berdasarkan hasil
perolehan ini maka secara kelompok (klasikal) dapat dikatakan bahwa anak telah
memiliki kemampuan motorik halus. Hasil penelitian tentang aktivitas anak
diperoleh rata-rata persentase waktu aktivitas anak berada pada interval kriteria
batasan keefektifan, dengan demikiandapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain
air berbasis pengetahuan layak digunakan untuk melatih motorik halus anak
ditinjau dari segi aktivitas anak dalam bermain. Hasil penelitian tentang respon
anak terhadap kegiatan bermain menunjukkan seluruh indikator keefektifan
respon anak berada di atas 80% dan demikian dapat dikatakan bahwa semua aspek
mendapat respon positif dari anak. Hal ini berarti, jika ditinjau dari respon anak
maka pelaksanaan kegiatan bermain air dikatakan layak untuk melatih
kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Pen p |
Keywords: | Model Kegiatan Bermain Air Berbasis Pengetahuan, Motorik Halus Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 05:13 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36073 |